Penggunaan LMS Moodle SMK Negeri 3 Kuningan

Pembelajaran SMK Negeri 3 Kuningan di masa pandemi Covid-19 masih menerapkan metode pembelajaran Blended Learning. Ini merupakan perpaduan antara pembelajaran tatap muka langsung dan online. Seluruh siswa mengakses Learning Management System (LMS) SMK Negeri 3 Kuningan melalui alamat https://e-learningsmkn3kng.sch.id/. Harapannya, para siswa dapat tetap melaksanakan seluruh aktivitas pembelajaran meskipun berada di rumah.

LMS SMK Negeri 3 Kuningan menggunakan platform Moodle. Apa sih moodle itu?

Moodle atau singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment adalah sebuah platform yang digunakan untuk menunjang sistem manajemen pembelajaran secara online dan menggunakan perangkat komputer. Jadi, apabila kita ingin menciptakan sebuah aplikasi pembelajaran seperti e-learning, maka kita dapat menggunakan Moodle sebagai alternatif pilihan terbaik.

Moodle juga termasuk ke dalam aplikasi berbasis web (web-based). Yang mana, untuk setiap aktivitas pembelajaran terkait akses materi, diskusi, tanya jawab, hingga evaluasi dapat dilakukan melalui tampilan website dengan menggunakan bantuan browser.

 

Kenapa memilih Moodle?

Moodle memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan platform lainnya, di antaranya;

  1. Open Source

Keuntungan yang pertama dari penggunaan Moodle adalah salah satu platform yang dapat diunduh dan diakses secara gratis atau bersifat open-source. Cukup dengan mengunjungi halaman website resmi dari Moodle, kita dapat mengembangkan berbagai tampilan media pembelajaran online yang menarik.

  1. Fleksibel dan Mudah Digunakan

Fleksibel disini berarti, Moodle dapat mendukung berbagai skalabilitas dari media pembelajaran yang dibuat. Mulai dari pembuatan kelas berskala kecil yang hanya berisi puluhan orang, hingga pengembangan portal pembelajaran yang dapat menampung sekitar ribuan user yang telah diterapkan pada perusahaan maupun institusi.

  1. Aman dan Terintegrasi

Sistem keamanan yang tersedia dalam Moodle tidak perlu diragukan lagi. Sistem akan selalu melakukan update secara rutin untuk menjamin keamanan data pengguna serta, menghindari praktik pencurian data pribadi ketika mengakses platform Moodle.

  1. Mendapat Dukungan Plugin dan Mudah Dikustomisasi

Secara default, tentu platform ini juga menyediakan dukungan terhadap berbagai plugin untuk menambahkan fungsi dan fitur khusus. Di dalam direktori dari plugin Moodle terdiri dari 1677 plugin untuk membantu kebutuhan komunikasi, administrasi, penilaian, dan lain sebagainya. Selanjutnya, platform ini juga mudah untuk dikustomisasi karena pada dasarnya diciptakan untuk semua kalangan. Kita dapat mengganti tema, logo, dan footer sesuai dengan kebutuhan instansi dan lembaga terkait.

 

Baik, mungkin itu yang dapat kami sampaikan kali ini, mudah-mudahan bermanfaat dan tetap semangat. Terima kasih.